Kemitraan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam kenal, kenalkan nama saya Bpk. RAHARTOMO dan kami berterima kasih anda sudah berkunjung di website kami.
Saya akan menjelaskan secara detail tentang berinvestasi untuk pohon gaharu secara detail, ringkas dan jelas.

  1. Prosentasi yang diberikan adalah 60 : 40, mitra : perusahaan. prosentasi ini di dasarkan pada hasil penjualan hasil kayu gaharu yang sudah panen. Untuk biaya yaitu untuk pekerja panen [Analisa usaha akan saya sampaikan dalam lembaran berbeda.
  2. Dalam proses penjualan kayu gaharu pada waktu panen investor harus ada, hal ini dikarenakan waktu penjualan akan dilakukan negosiasi harga di tempat pemanenan tersebut.
  3. Gaharu ini merupakan komoditi kayu dimana produk utamanya adalah resin dan manfaat utama gaharu adalah untuk industri parfum, kosmetik dan farmasi, dimana industri tersebut di era sekarang sangat penting. Minyak Gaharu merupakan bahan dasar parfum, zat dalam gaharu merupakan campuran kosmetik dan farmasi. untuk masyarakat arab gaharu merupakan kebutuhan pokok. jadi Gaharu ini bukan kelompok hortikultura dimana semakin banyak yang panen harga akan ikut jatuh dan pengalaman saya harga kayu tidak penah turun.
  4. Report kita pastikan ada, hal ini karena kita mempunyai Tim lapangan yang akan memantau pertumbuhan dari pohon gaharu. Mulai dari kendala terhadap tanaman tersebut [hama, alam dan faktor manusia]
  5. Bibit yang kita berikan merupakan bibit yang sudah memenuhi standar Pembibitan bukan standar Legalitas. sehingga faktor hidupnya bisa di pastikan 90%. jadi untuk pergantian tidak ada, dalam hal ini semua pasti ada resiko dan saya selalu menyampaikan kepada seluruh mitra bahwasanya dalam penanaman sampai panen kita asumsikan tingkat keberhasilannya 75% dan kegagalan 25% [analisa yang paling terburuk]
  6. Sebelum Berinvestasi pihak investor harus mengetahui pohon tersebut ditanam hal ini sesuai dengan harapan kami menjadikan kerjasama saling menguntungkan dan Transparan.
  7. Biaya yang dibutuhkan pupuk untuk 1 tahun maksimal 4 kali, dimana pupuk kandang sampai usia panen dan pupuk organik hanya di tahun awal [biaya ini relatif sangat kecil]
  8. Untuk Gaharu tidak tergantung Umur tapi Diameter pohon tersebut. syarat utama pohon tersebut adalah memiliki diameter 12 cm itupun rata-rata bisa dicapai pada usia 3-5 tahun [tergantung topografi tanah dan perawatan]. misal pohon tersebut dalam usia 3 tahun sudah di inokulasi jarak 6 -12 bulan setelah inokulasi pohon tersebut sudah menghasilkan resin yang rata-rata jenis kamedangan dan untuk hasil yang terbaik adalah 3 tahun setelah inokulasi.
  9. Untuk mengetahui Analisa Usaha pohon gaharu ini silakan downlaod di tempat page download kami
  10. Bibit yang kita sediakan mulai dari Rp 20.000,-/batang, Rp 25.000,-/batang, Rp 30.000,-/batang dan Rp 50.000/batang dan minimal untuk investasi yaitu paket bronze.
  11. Pohon gaharu hanya bisa di panen sekali karena prosesnya kita tebang.
  12. Saat Investor sudah menyerahkan data sesuai KTP Dan NIK. maksimal 2 hari sudah langsung di tanam. Inokulasi Merupakan faktor yang sangat penting dalam menghasilkan gubal. Banyak yang menawarkan fusarium dengan jaminan berhasil. proses inokulasi dan fusarium yang kita berikan sudah teruji dan tingkat keberhasilannya 90% dan yang melakukan adalah ahli gaharu yang sudah melakukan riset selama 15 tahun.
  13. Dalam hal ini yang membedakan pada usia bibit dan tinggi bibit tersebut dan saya menyarankan untuk menanam yang tingginya 20-30 cm /Rp 20.000, dalam pembibitan dengan tinggi tersebut dan usia yang relatif masih muda bibit ini bisa dikatakan dalam kualitas no 1 alasan yang utama adalah bibit ini masih dalam tahap pertumbuhan dan belum mencapai masa stagnasi. jadi bibit yang besar dan tinggi bukan jaminan kualitas yang terbaik.
  14. Ada beberapa opsi yang diberikan
  • Misal investor tidak punya lahan untuk penanaman gaharu perusahaan sudah menyediakan lahan yang bisa digunakan untuk sebagai tempat penanaman perjanjiannya bisa dengan memberikan bagi hasil yang relatif kecil kepada yang mempunyai lahan atau petani serta bisa juga kita memberikan biaya perawatan tiap bulan kepada petani sekaligus petani yang merawat tanaman gaharu kita.
  • Bisa juga menyewa lahan
  • Untuk biaya tanah tidak termasuk biaya pembelian bibit.

15. Resin gaharu di pengarui oleh tiga faktor utama

  • Topografi Tanah
  • Spesies Bibit

Hal ini merupakan salah satu bagian yang terpenting untuk tingkat gubal yang dihasilkan A.malaccensis merupakan jenis pohon gaharu yang terkenal mampu untuk menghasilkan gaharu super dan tingkat kualitas resin yang banyak yang terkenal di Indonesia adalah gaharu kalimantan dan irian. Sedangkan Beccariana merupakan spesies yang sangat mahal dan merupakan jenis gaharu yang mempunyai kualitas diatas semua jenis dan saat ini kami masih dalam proses pembenihan.

  • Isolat atau Fusarium yang diberikan saat Inokulasi

16. Ada beberapa opsi yang diberikan

  • Misal investor tidak punya lahan untuk penanaman gaharu perusahaan sudah menyediakan lahan yang bisa digunakan untuk sebagai tempat penanaman perjanjiannya bisa dengan memberikan bagi hasil yang relatif kecil kepada yang mempunyai lahan atau petani serta bisa juga kita memberikan biaya perawatan tiap bulan kepada petani sekaligus petani yang merawat tanaman gaharu kita.
  • Bisa juga menyewa lahan
  • Untuk biaya tanah tidak termasuk biaya pembelian bibit.

 

Pebedaan antara tanam pribadi dan Kemitraan
Independent:

  1. Bibit beli ditempat pembibitan, grade dan spesies kadang tidak sesuai
  2. Inokulasi biaya pribadi dimana 1 pohon membutuhkan 1/2botol – 1 botol fusarium yang harganya berkisar Rp200.000,; – Rp 1.000.000,-, Dan belum bisa di pastikan fusarium yang diberikan ke pohon gaharu akan berhasil menghasilkan gubal.mengingat fusarium yang diberikan setiap pohon di suatu daerah tidak sama tergantung pada suhu.maksudnya begini pak…fusarium A sangat bagus waktu disuntikan di daerah malang,,belum tentu fusarium tersebut akan cocok di lakukan inokulasi di daerah madiun.
  3. Biaya teknisi penyuntikan ditanggung secara pribadi.
  4. Pasar Mencari Sendiri
  5. Untuk mengikuti pelatihan ataupun informasi tentang gaharu minimal adanya lewat seminar yang jelas tidak murah.

Kemitraan:

  1. Spesies Bibit yang kita berikan jelas dan memnuhi standar pembibitan dan legalitas.
  2. Inokulasi mulai dari fusarium dan teknisi semua ditanggung perusahaan. Dimana perusahaan mempunyai tenaga ahli dan pakar gaharu dari kementrian kehutanan yang sudah berpengalaman selama 20 tahun di gaharu dan ahli dari thailand dan malaysia.
  3. Tingkat keberhasilan Inokulasi dari perusahaan adalah 90 %, tapi tetap kita asumsikan tingkat kegagalan yaitu 25 % sesuai dengan analisa usaha.
  4. Waktu panen langsung dibeli.
  5. Diberikan pelatihan secara gratis dan akan selalu menerima informasi terupdate tentang gaharu.

Dalam hal ini yang membutuhkan Biaya paling besar yaitu waktu pohon ini siap di inokulasi. Antara mitra dan perusahaan tingkat pengeluaran biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar perusahaan dan tidak sepenuhnya perusahaan menerima 40%. Hal ini dikarenakan ada 5% yang kita berikan untuk koordinator  waktu panen dan itu bisa dimiliki investor.

Apabila kurang jelas dan perlu bertanya lebih lanjut silakan bisa langsung kontak kami 081327372780 atau bisa kontak email kami ordergaharu@gmail.com untuk menanyakan yang anda tidak ketahui, Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>